1185232_220549064767961_1835904086_n

Madu merupakan pemanis paling tua yang pernah ada, kombinasi dari gula alami dan air dapat diserap oleh tubuh dengan lambat ini berarti bahwa kita mengalami lonjakan gula yang lebih sedikit. Madu adalah lebih dari gula sederhana yang mengandung sejumlah kecil dari sejumlah besar zat : vitamin, mineral, beberapa jenis enzim, dan asam amino. Zat-zat yang dimiliki oleh madu memliki kaitan yang erat dengan kesehatan dan sangat menguntungkan jika anda dapat mengkonsumsi madu murni.

Manfaat madu untuk kesehatan melindungi sel-sel tubuh, oksidatif kaya akan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan untuk memperlambat atau mencegah proses oksidasi. Antioksidan menetralisir radikal bebas yang dapat menghambat proses penuaan dan madu mampu mencegah beberapa penyakit (madu dengan warna lebih gelap, semakin kaya antioksidan).

Madu memiliki campuran kompleks dari gula, merutama fruktosa (gula yang terdapat secara alami dalam buah-buahan dan madu)dan glukosa dalam rasio perkiraan 1:1 (bervariasi menurut jenis madu). Tubuh tampaknya menyerap fruktosa madu tanpa efek negatif yang terkait dengan konsumsi fruktosa dalam isolasi,ini karena aksi sinergis dari hampir 200 zat yang terkandung dalam madu.

Madu mempromosikan pertumbuhan bakteri probiotik dalam tubuh kita : mengandung oligosakarida menyebabkan peningkatan bifidobacteria dan lactobacillus sekaligus meningkatkan efek probiotik dalam tubuh kita.
Berbagai penelitian yang dilakukan di Eropa, sifat bakterisida madu sangat efektif dalam mencegah gangguan pada sistem pencernaan yang disebabkan oleh bakteri, seperti tukak lambung, gastritis atau gastroenteritis.

Faktor-faktor risiko kardiovaskular berkurang dengan mengkonsumsi madu murni karena rendahnya tingkat kolesterol dan trigliserida dan meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik) yang memiliki efek yang menguntungkan untuk tubuh.

Manfaat madu untuk kesehatan, manfaat madu hutan, manfaat madu bagi kesehatan, pengobatan khasiat madu untuk kesehatan, khasiat madu lebah asli yang banyak manfaatnya.
Studi juga menunjukkan bahwa madu membantu untuk mencegah pertumbuhan tumor. Penggunaan madu untuk membalut luka yang biasa dilakukan pada zaman kuno dan kini telah ditemukan manfaatnya dalam ilmu kesehatan modern. Sifat antibakteri madu dapat membantu membersihkan infeksi luka dan bertindak sebagai anti – inflamasi(anti radang) mengurangi rasa sakit dan meningkatkan sirkulasi serta mempercepat proses penyembuhan.                                            Hal yang sama berlaku untuk pengobatan luka bakar ; dengan peningkatan resistensi terhadap bakteri menarik perhatian pengobatan alternatif dan telah terbukti madu mempercepat penyembuhan luka bakar kelas kedua dan ketiga.

Cara pengumpulan, cara pengolahan, cara mengemas madu akan menentukan sifat dari madu. Hanya murni, mentah dan belum diolah dapat memberikan manfaat yang optimal terkait yang kita bicarakan tentang manfaat madu

Manfaat madu untuk kesehatan
Madu merupakan produk yang berasal dari lebah dari transformasi nektar dari bunga. Lebah madu telah banyak dipelajari dan ditemukan manfaat besar dengan sifatnya sebagai antiseptik, memperkuat, menenangkan, pencahar, diuretik dan antibakteri, dan manfaat lain untuk tubuh manusia.

Madu kaya akan rasa biasanya digunakan sebagai pemanis untuk makanan tetapi manfaat utama dari madu adalah sifat antibakteri anti – inflamasi, antiseptik dan menenangkan.
Ambil satu sendok teh madu untuk sarapan memberi kita lebih banyak energi untuk aktivitas fisik sehari-hari.
Madu dengan jeruk nipis dapat mengurangi ketidaknyamanan tenggorokan, untuk meredakan batuk dan demam.

Manfaat madu lebah untuk kesehatan yang sedikit dikenal orang adalah membantu seseorang penderita ulkus lambung. Dengan mengambil satu sendok teh madu saat perut kosong setidaknya satu jam.
Manfaat madu untuk kesehatan guna mencegah infeksi, hal ini karena madu memiliki sifat antiseptik. Luka dan luka bakar sembuh dengan baik dengan madu, karena sifat antiseptik dan penyembuhan yang membantu mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan kulit.

Madu lebah mengandung prebiotik oligosakarida mempu meningkatkan populasi flora bakteri secara alami, meningkatkan pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan.
Selain efektif dalam mengobati luka kulit, batuk dan kondisi pernapasan lainnya, madu memiliki efek menenangkan pada tubuh ; madu manuka dikenal karena manfaatnya dalam mengobati alergi, menurunkan kolesterol, mencegah masalah jantung dan sembelit karena efek pencahar nya.
Dua atau tiga sendok teh sehari madu adalah dosis yang sempurna untuk mempermanis makanan Anda tanpa menimbulkan kenaikan berat badan ; jika Anda memiliki infeksi atau Anda mungkin perlu untuk meningkatkan dosis sedikit untuk menutupi kebutuhan Anda. Ingat manfaat madu dalam waktu, dan sering menggunakan yang dianjurkan dan anda tidak perlu khawatir akan lemak saat mengkonsumsi madu.

Jenis-jenis madu dan manfaatnya
Thyme madu memiliki besar sifat diuretik dan membantu pencernaan
Madu lavendersebagaipenangkal infeksi yang membantu melawan masalah pernapasan, dapat digunakan sebagai obat untuk batuk dan radang tenggorokan.
Madu Rosemary– Madu yang dipanen dar kawasan rosemary, sangat efektif dalam masalah hati dan kelelahan kronis, warna kuning yang intens dan sangat lezat.
Madu lemon – madu ini memiliki sifat menenangkan, sehingga sangat dianjurkan dalam kasus-kasus insomnia dan orang yang menderita stres. Warnanya cukup ringan dibandingkan dengan madu lain.

Madu adalah hidangan lezat yang mengandung nutrisi tinggi. Selain dikonsumsi, ternyata ada banyak kegunaan madu yang jarang diketahui. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Mother Nature Network berikut ini.

Pencuci muka                                                                                                                                                                         Ada cara yang lebih alami daripada sabun untuk membersihkan muka, yaitu dengan menggunakan madu. Gunakan madu sebagai pencuci muka dan bilas hingga bersih.

Melawan parasit
Minuman yang terbuat dari madu, cuka, dan air adalah obat yang paling ampuh untuk mengatasi masalah perut ketika bepergian. Sebab ketiga campuran bahan tersebut merupakan pelawan parasit.

Menyingkirkan jerawat
Oleskan madu pada jerawat dan biarkan selama setengah jam. Setelah itu, bilas hingga bersih. Ulangi langkah yang sama untuk menyingkirkan jerawat secara alami.

Mandi
Jika biasanya ada garam mandi dan minyak yang digunakan untuk mandi berendam, ganti bahan tersebut dengan madu dan minyak zaitun. Fungsinya adalah menghaluskan dan membuat aroma kulit semakin segar.

Meredakan cemas.
Entah dicampur di dalam teh atau diminum secara langsung, madu cukup dikenal ampuh meredakan rasa cemas. Madu juga bisa dikonsumsi setelah dicampur bersama jahe dan air lemon. Ambil satu sendok teh madu sampai 6 kali per hari, yang memberikan ketenangan pikiran dan menenangkan tubuh.

Lip balm
Punya bibir kering? Coba campur madu, minyak zaitun, dan cocoa butter untuk menciptakan lip balm alami yang ampuh mengatasi bibir kering.

Melawan insomnia
Sulit tidur tentu bisa memperburuk kesehatan tubuh. Namun insomnia ternyata juga bisa diatasi dengan mengonsumsi madu. Sebab madu sifatnya mampu menurunkan stres dan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Untuk insomnia, campur dua sendok makan madu dalam segelas susu hangat, lakukan sebelum tidur

Mengobati radang tenggorokan                                                                                                                                         Dalam berbagai penelitian klinis, madu telah terbukti efektif dalam mengobati radang tenggorokan dan batuk. Madu pun bisa dikonsumsi secara langsung atau dicampur dengan air lemon untuk mendapatkan khasiat sehat lainnya.
Itulah madu, cairan kental yang dihasilkan oleh lebah dan memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Obat untuk batuk, campurkan 4 sendok makan madu dengan jus lemon dalam bak air hangat dan diamkan. Ambil satu sendok teh setiap 2 jam.

Manfaat madu untuk rambut agar sehat dan bebas ketombe                                                                                          Manfaat madu untuk rambut sebagai shampoo, conditioner dan tonik untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kapala sehingga rambut telihat lebih indah, tebal hitam dan bebas ketombe.
Memiliki rambut yang indah merupakan impian dari banyak orang untuk mewujudkan keinginan untuk mendapatkan rambut indah lebat dan sehat anda dapat manfaat madu. Madu adalah bahan alami yang terbuat terutama dari fruktosa dan glukosa, mineral dan vitamin yang menyehatkan tubuh. Karena kemampuannya dalam kualitas menahan air, madu merupakan pelembab yang efektif untuk rambut. Produk dengan madu membantu melembabkan dan mencegah rambut rontok dan kerusakan lain pada kulit dan rambut Anda.

Manfaat madu untuk rambut
Dengan memanfaatkan 1 sdt madu, 2 sdt meinyak zaitun serta 1 kuning telur untuk merawat ujung rambut bercabang. Untuk membuatnya, kocok kuning telur dan kemudian dicampur dengan minyak zaitun dan madu. Rambut yang terpisah menjadi beberapa bagian. Terapkan campuran ini pada rambut dan kulit kepala anda, pijat dengan pelan dan pastikan seluruh rambut dan kulit anda telah terolesi dengan rata, diamkan kurang lebih 30 menit selanjutnya anda dapat keramas dan melakukan pembilasan.

Menggunakan madu untuk mencegah kerusakan rambut akibat pewarnaan, siapkan madu murni dan terapkan pada rambut dan kulit kepala Anda diamkan selama kurang lebih 20 menit lalu cuci dengan sampo.
Bersihkan kulit kepala untuk mencegah kerontokan rambut. Campurkan 1 sendok teh madu dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis. Oleskan pasta dan biarkan selama 15 menit, lalu bilas dan cuci dengan sampo. Hal ini membuat kulit kepala bersih dan gizi, meningkatkan pertumbuhan.

Agar rambut anda terlihat lebih berkilau dan lembut gunakan 1 sendok teh madu dicampur dalam satu liter air hangat. Setelah keramas dan membilasnya dengan kondisioner, mencuci rambut dengan campuran madu dan air untuk mendapatkan rambut yang cerah dan berkilau.

Untuk mendapatkan rambut bebas kusut campurkan 1 sendok teh madu dan 2 sendok the minyak zaitun dan sampo ringan anti kusut. Setelah bilas dengan air untuk mendapatkan rambut halus dan lembut.
Jika anda tidak mau repot, anda dapat memilih shampoo dan kondisioner yang mengandung madu. Produk-produk ini dirancang biasanya dirancang untuk mencegah kerusakan rambut, membantu pertumbuhan rambut, mencegah kekusutan dan membuat rambut lebih mudah dikelola. Untuk mendapatkan khasiat madu yang lebih terasa tentunya anda harus membuatnya sendiri, tetapi jika anda tidak sempat untuk membuatnya sebaiknya anda membeli shampoo dan kondisioner yang mengandung madu dan lakukan secara teratur anda sehat, berkilau bebas ketombe dan indah.

*Dari Berbagai sumber