Siapa yang tak kenal dengan buah lemon.
Lemon yang rasanya manis dan agak kecut sangat pas untuk dijadikan campuran minuman pengusir dahaga, apalagi jika disajikan dingin.Tahukah anda tentang khasiat dan manfaat dari sari buah lemon?
Lemon mengandung sekitar 5% asam sitrat dan kaya akan vitamin C, juga mengandung vitamin B,riboflavin, kalsium,
magnesium,fosfor,kalium,protein dan karbohidrat.
Memulai hari dengan secangkir air lemon hangat akan memberikan banyak manfaat, karena apa yang dimakan atau minum di pagi hari akan mempengaruhi kondisi tubuh seharian. Sebelum beraktivitas di pagi hari, anda dapat minum secangkir air hangat yang ditambahkan perasan lemon, atau memasukkan irisan lemon ke dalam cangkir. Air hangat dengan lemon memiliki banyak manfaat yang akan membuat tubuh anda lebih sehat.

Berikut khasiat yang dapat anda peroleh dari air lemon seperti dilansir dari berbagai sumber, antara lain:

1.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh & menyeimbangkan Ph tubuh.
Faktor utama yang membuat wabah flu dan batuk tidak pernah absen mampir adalah kondisi Ph tubuh kebanyakan bersifat asam. Hal ini akan menurunkan daya tahan tubuh kita serta membuat bakteri dan virus dapat berkembang biak dengan bebas. Ph darah kita seharusnya selalu dalam keadaan sedikit basa (7,35-7,45). Karena bakteri dan virus tidak dapat aktif di dalam tubuh yang bersifat basa.

Bagaimana cara menjaga tubuh kita tetap basa? Kita perlu mengkonsumsi makanan sehat dengan memperbanyak asupan buah dan sayuran yang bersifat netral plus basa, sehingga dapat menangkal serangan bakteri dan virus. Lemon merupakan buah dengan vitamin C yang tinggi (80-90 mg). Lemon juga makanan yang bersifat asam, padahal tubuh yang sehat bersifat basa. Tetapi ketika masuk ke dalam tubuh, lemon akan bersifat basa dan kandungan asam sitrat dalam lemon tidak menciptakan keasaman dalam metabolisme tubuh. Sehingga pH dalam tubuh anda tetap seimbang dengan mengonsumsi lemon.
Lemon sangat bagus untuk mengatasi pilek. Selain itu kandungan antioksidan dalam lemon juga mampu menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. Apabila flu atau batuk datang menyerang, minumlah lemon yang dicampur dengan raw honey dan air hangat minimal 3-4 kali sehari. Untuk flu dan batuk yang parah, kita bisa mencampurkan lemon dengan madu Manuka, kemudian kita juga bisa menambahkan 1-2 siung bawang putih (atau dalam bentuk kapsul). Lemon dapat dinikmati ketika perut kita dalam keadaan kosong sekalipun, seperti pada pagi hari atau sebelum makan.

2.Membantu penurunan berat badan
Beberapa orang meyakini bahwa salah satu manfaat lemon adalah dapat digunakan dalam diet untuk menurunkan berat badan. Ada banyak orang yang rela setiap hari mengkonsumsi jus lemon sebagai bagian dari diet mereka. Namun apakah hal tersebut mitos atau fakta?

Menurut Dr. Karl S Kruszelnicki dari ABC Science, konsentrasi asam sitrat dalam lemon tidak cukup untuk membakar lemak dengan sendirinya. Namun lemon meningkatkan metabolisme, menghasilkan panas internal untuk membakar lemak.
Jus lemon yang dikombinasi dengan sedikit air dan madu dipercaya mampu membantu penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme tubuh. Jus lemon kaya akan vitamin C meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi sedangkan madu memiliki nutrisi dan mineral yang larut lemak.

Jika anda ingin mencoba mengambil manfaat lemon untuk diet, berikut ini resep yang mungkin bisa anda gunakan, cara membuatnya :
Siapkan 1 gelas air hangat kemudian tambahkan 1 sendok teh madu ke dalam air tersebut. Aduk hingga madu larut sepenuhnya dalam air. Potong lemon menjadi beberapa bagian kemudian peraskan airnya ke dalam gelas yang berisi air madu. Aduk hingga rata. Minum larutan air madu dan lemon tersebut sebelum makan.

Untuk penderita diabetes, cukup campurkan lemon dengan air hangat saja. Tidak hanya baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, ternyata asamnya lemon juga bisa mengurangi mulai dari sisa racun dari obat dan alkohol,mengurangi stres,membantu memproduksi darah merah,megurangi reaksi alergi,hingga membantu pembentukan kolagen,mengurangi penyakit lambung dan baik untuk liver (karena sifat basanya).

Lemon juga memiliki kandungan serat pektin yang tinggi, yang membuat anda tidak mudah merasa lapar. Oleh karena itu, lemon dapat dijadikan pilihan yang tepat untuk membantu anda menurunkan berat badan. Kita boleh mengkonsumsi lemon setiap hari karena buah kuning ini tidak akan memberikan efek samping. Tapi agar kesehatan dan sensitifitas gigi tetap terjaga, jangan lupa untuk selalu berkumur dengan air putih setiap kali kita selesai mengkonsumsi lemon. Lemon organik memiliki kadar vitamin C 40% lebih tinggi dari yang non organik.

3.Membantu melancarkan pencernaan
Lemon dapat membantu meringankan masalah pencernaan bila dicampur dengan air hangat, termasuk di antaranya mual, mulas dan heartburn (naiknya asam lambung ke kerongkongan). Mengkonsumsi jus lemon hangat secara teratur dapat merangsang saluran pencernaan dan gerak peristaltik dalam dinding usus sehingga membantu mengeluarkan sampah secara lebih efisien, dan menyembuhkan sembelit. Lemon bertindak sebagai pemurni darah dan agen pembersih. Bahkan jus lemon juga berfungsi sebagai tonik hati dan membantu mencerna makanan dengan membantu hati memproduksi empedu lebih banyak. Mineral dan vitamin pada lemon juga dapat membantu melonggarkan racun di saluran pencernaan.

4.Melawan Kanker
Ini adalah yang terbaru di bidang pengobatan, efektif untuk kanker! Lemon (Citrus) adalah produk ajaib untuk membunuh sel Kanker yang 10,000 kali lebih kuat dari chemotherapy.
Mengapa kita tidak tahu tentang ini? Karena ada laboratorium-laboratorium yang lebih tertarik untuk membuat versi sintetik yang menghasilkan keuntungan besar. Rasanya enak dan tidak menimbulkan akibat yang mengerikan seperti chemotherapy. Anda dapat memakan buah ini dengan berbagai cara: Anda dapat memakan ampasnya, sebagai juice, sorbets (eskrim), dan lain-lain.

Walaupun mempunyai banyak khasiat, tapi yang sangat menarik adalah akibatnya terhadap cysts dan tumor. Tanaman ini sudah terbukti adalah obat untuk memberantas macam-macam kanker. Informasi yang didapatkan dari perusahaan obat terbesar di dunia mengatakan bahwa sesudah melalui 20 test di laboratorium sejak tahun 1970, ekstrak dari buah lemon ini menghancurkan sel-sel ganas dari 12 macam kanker termasuk usus besar, payudara, prostat, paru-paru dan pankreas. Dan yang mengagumkan lagi ialah bahwa terapi macam ini dengan ekstrak dari Lemon hanya menghancurkan sel-sel kanker yang ganas dan tidak mempengaruhi sel-sel yang sehat.

Lemon mengandung 22 senyawa antikanker termasuk limonene-minyak yang terjadi secara alamiah yang memperlambat atau menghentikan pertumbuhan tumor kanker pada hewan. Lemon juga mengandung zat yang disebut sebagai glikosida flavonol yang menghentikan pembelahan sel kanker.

Menurut BBC, meminum segelas teh hitam atau hijau dengan buah lemon bisa menurunkan sekitar 70% resiko kanker kulit. Kandungan dari kombinasi teh dan lemon melindungi tubuh dari bahaya sinar matahari (penyebab utama kanker kulit). Anda harus meminum daun teh yang baru diseduh bersama buah lemon segar. Es teh tidah seefektif pada pencegahan kanker karena air dari es yang mencair melarutkan zat efektif yang ada di lemon dan teh.

Taruh 2-3 irisan tipis lemon di dalam cangkir yang berisi air minum. Air itu akan menjadi “air alkali”. Minum sepanjang hari dengan hanya menambahkan air. Jadikan itu sebagai minuman sehari-hari. Itu baik untuk kesehatan.

5.Bertindak sebagai diuretik alami
Minum jus lemon akan meningkatkan keinginan untuk buang air kecil. Sehingga racun-racun dalam tubuh akan sesegera mungkin dikeluarkan dari tubuh melalui urin dan membuat saluran kemih Anda tetap sehat.

6.Menjaga kesehatan kulit
Lemon sebagai obat antiseptik alami, bisa membantu mengatasi masalah yang berkaitan dengan kulit. Mengkonsumsi air lemon secara rutin dapat membuat penampilan wajah anda lebih bercahaya. Karena vitamin C dalam lemon memiliki fungsi sebagai anti penuaan, menghilangkan kerutan dan komedo. Jika dioleskan pada daerah bekas luka dapat menyamarkan noda di kulit yang bermasalah.

7.Mencegah dehidrasi
Ketika tubuh Anda mengalami dehidrasi, organ tubuh tidak dapat melakukan semua fungsinya dengan optimal sehingga menyebabkan penumpukan racun, stres, sembelit dan masalah kesehatan lainnya. Lemon mengandung mineral dalam jumlah yang banyak dan akan membantu Anda terhindar dari bahaya dehidrasi.

8.Perawatan Gigi
Air lemon juga bisa digunakan dalam perawatan gigi. Apabila jus lemon segar diteteskan ke area gigi yang sakit, dapat membantu menyingkirkan rasa sakit. Memeras jus lemon pada gusi dapat menghentikan perdarahan gusi. Cara ini juga mengusir bau mulut dan gangguan lain yang berkaitan dengan gusi.

9.Menyembuhkan infeksi tenggorokan
Kandungan antibakteri di dalam lemon membantu mengatasi gangguan infeksi tenggorokan, sakit tenggorokan dan tonsilitis. Untuk mengatasi sakit tenggorokan, berkumurlah dengan menggunakan setengah gelas jus lemon.

10.Tekanan darah tinggi
Kandungan kalium di dalam lemon bisa membantu bagi orang yang memiliki gangguan jantung. Diet tinggi kalium juga dipercaya dapat membantu mengontrol tekanan darah,pusing,mual,membantu relaksasi tubuh dan pikiran,mengurangi stress dan depresi mental.

Berapa banyak yang harus saya minum?
Jika Anda sedang dalam kondisi kesehatan yang baik dan bobot tubuh 70 Kg atau kurang, disarankan untuk memeras setengah buah lemon dan menyajikannya ke dalam satu gelas air. Minum dua kali sehari. Namun,jika Anda berbobot lebih dari 70 kg, peras atau satu lemon utuh ke dalam segelas air. Untuk manfaat maksimal, minum dua kali sehari.

Tips memilih lemon yang baik :
Berat dari buah lemon yang dipilih harus terasa berat dan buahnya agak sedikit keras.
Pilih buah lemon yang kulitnya berwarna kuning.

9. Alasan mengapa harus ada lemon di kulkas :
1.Penyedap rasa
Irisan kulit lemon adalah bahan yang sering digunakan untuk menambah rasa kuat khas sitrus yang berasal dari air pada kulit lemon. Umumnya irisan kulit lemon ini digunakan sebagai garnish, tergantung dari resep yang diguakan. Kadang digunakan dengan potongan-potongan kecil, dalam bentuk irisan panjang. Yang pasti menghindari bagian putih di bawah kulit lemon karena sangat pahit.

2.Mengeraskan kulit telur rebus
Sering kesal karena rebusan telur anda sering gagal karena kulitnya pecah? lemon adalah jawabannya. Triknya, sebelumnya merebus telur oleskan air perasan jeruk pada kulit telur. Fungsinya untuk mengeraskan kulit telur. Untuk memudahkan pengelupasan, teteskan satu sendok teh perasaan air jeruk ke dalam air rebusan telur. Jika tidak berlebihan, air perasaan jeruk itu tidak akan meninggalkan rasa pada telur.

3.Daun selada lebih renyah.
Tidakkah anda kesal jika daun selada yang anda ingin makan untuk salad terasa lembek? Coba buat daun selada kembali renyah dengan merendamnya dalam air dingin bercampur air perasan setengah buah lemon. Kemudian simpan rendaman tersebut sekitar 1 jam, keringkan dan selada renyah siap dinikmati. Namun cara ini tidak akan berhasil pada daun selada yang sudah terlalu busuk dan mulai keluar cairan.

4.Membuat tahan lama
Buah alpukat,apel,pir,persik dan aprikot mudah berubah warna menjadi kecokelatan setelah dikupas dan didiamkan. Supaya tidak terjadi, siram buah yang sudah dikupas itu dengan air perasan lemon. Namun tentu karena rasa lemon yang cukup kuat, ia bisa saja mengubah sedikit rasa dari buah itu.

5.Menambah rasa pada makanan
Tahukan anda dengan meneteskan perasan air lemon di atas makanan bisa membantu anda mengurang asupan sodium? Kebanyakan kita sering makan banyak sodium yang tidak sehat sehingga meningkatkan tekanan darah, yang bisa berakibat pada serangan jantung atau stroke. Perasan air jeruk memberikan tambahan rasa pada makanan yang bisa menggantikan penambah rasa yang tinggi sodium itu. Coba berikan air perasan lemon diatas ayam, daging, seafood dan sayuran. Air perasan lemon bahkan bisa juga digunakan pada tahu. Anda akan melihat bahwa lemon bisa menguatkan rasa alami dari makanan yang umumnya tertutup garam. Selain lemon, hal ini juga bisa anda terapkan menggunakan buah nanas, jeruk dan limau.

6.Penambah segar minuman
Cuaca panas bisa membuat mood dan semangat menguap. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menambah kesegaran adalah dengan membuat es batu dari perasan lemon. Belah dua sebuah lemon segar, lalu campurkan ke dalam air yang digunakan untuk mengisi cetakan es batu. Es batu yang berisikan perasan air jeruk itu bisa anda gunakan untuk ditambahkan pada minuma segar di hari yang panas.

7.Bubuk ekstrak lemon, gula lemon dan merica lemon
Dari mana asalnya bubuk ekstrak lemon jika bukan dari bagian lemon itu sendiri? Cincang kulit lemon, pastikan anda sudah membuang sari putihnya (biasanya pahit), dan keringkan dengan meletakkannya di atas piring selama 3-4 hari. Masukkan ke dalam blender dan hancurkan hingga berbentuk serbuk. Lagi-lagi ekstrak satu ini bisa menyedapkan makanan.
Untuk gula lemon, caranya sama dengan membuat ekstrak lemon. Anda hanya tinggal menambahkan gula saja dan simpan campuran ke dalam toples. Gula dalam sekejap memiliki rasa lemon. Merica anda pun bisa berasa lemon jika anda mencampurkan ekstraknya dengan merica. Coba saja!

8.Mengusir serangga, Menghilangkan bau sampah dan Mengharumkan Ruangan
Banyak hama benci akan sifat asam yang terdapat dalam lemon. Anda bisa mencincang kulit lemon, lalu meletakkannya dekat lubang, jendela, atau area manapun yang menjadi jalan masuk bagi semut atau hewan kecil lainnya. Kulit lemon bisa juga dimanfaatkan untuk menghilangkan bau di area sekitar pembuangan sampah di dapur.
Atau jika cuaca panas, masukkan saja potongan kulit lemon ke dalam sebuah wadah berisi air, dan didihkan perlahan dengan api kecil untuk melembabkan dan mengharumkan ruangan.

9.Me-refresh talenan, Mengosok bahan khrom, Mengkilapkan bahan tembaga
Karena pH lemon cukup rendah, maka lemon memiliki kandungan anti bakteri yang bisa mensterilkan talenan. Setelah dicuci, gosok permukaan talenan, diamkan beberapa menit, bilas. Timbunan mineral dalam keran air atau barang lain yang terbuat dari bahan khrom bisa diperhalus dengan menggosokkan setengah bagian lemon. Setelah selesai, bilas dan keringkan dengan kain. Sedangkan alat masak dari bahan tembaga atau stainless steel bisa dibuat mengilap dengan menggosoknya menggunakan campuran setengah buah lemon, garam atau baking soda. Tinggal gosok, diamkan selama 5 menit, bilas dengan air hangat lalu keringkan.

Ini hanyalah sebagian artikel yang berhasil dirangkum dari beberapa sumber. Masih banyak manfaat dan khasiat dari buah lemon yang belum sempat diulas.Jadi pastikan untuk selalu menyimpan stock lemon di rumah anda.

Sumber:
*detik.health.com *Kompas.com *Institute of Health Sciences, 819 N.L.L.C. Cause Street , Baltimore, MD1201.

Iklan